PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KERJA KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 050631 TANJUNG KELILING T.A 2017/2018

SITEPU, MARLITNA BR, 1405030057 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KERJA KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 050631 TANJUNG KELILING T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (378kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (475kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (372kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kerja kelompok terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 050631 Tanjung Keliling dan sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelas IV-A sebanyak 25 orang siswa, dan kelas IV-B sebanyak 20 siswa melalui teknik total Sampling. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata pada kelas experiment sebesar 79.04 dan pada kelas kontrol 68.40. Sebelum hipotesis diujicoba terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis dan ditemukan nilai kedua kelas normal dan homogen. Kemudian uji hipotesis dilakukan dan ditemukan =7,89> (, )()= 5,99 dengan demikan Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh penggunaan Strategi Kerja Kelompok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 050631 Tanjung Keliling Kec. Salapian Kab.Langkat Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Strategy of learning group work, IPA
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Srie Faizah Lisnasari, M.SiNIP.196702251998012001UNSPECIFIED
Thesis advisorJainal B Togatorop, S.Pd., M.PdNIDN.0124028702UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Jun 2020 04:10
Last Modified: 16 Jun 2020 04:10
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/734

Actions (login required)

View Item View Item