SITEPU, SAMALIA TRIPERA BR, 1405030259 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 064024 MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (9MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (710kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (460kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (769kB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (357kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064024 Medan Selayang, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang terbagi menjadi dua kelas yang berjumlah 60 orang. Sedangkan objek penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Word Square terhadap peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Sumber Daya Alam kelas IV SD Negeri 064024 Medan Selayang Tahun Ajaran 2017/2018. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes essay yang dibatasi pada ranah kognitif C1. Analisis data data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar secara individu, ketuntasan secara klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa hasil penelitian siklus I dan siklus II terjadi peningkatan. Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat 15% dari nilai 59,54% menjadi 74,54%. Aktivitas siswa meningkat 15% dari nilai 60 menjadi 75, ketuntasan hasil belajar telah tuntas secara klasikal meningkat 43,33% dari 50% menjadi 93,33% yang tuntas, dan nilai rata-rata meningkat 15,89% dari 67,90 menjadi 83,79. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, (2) Hasil belajar siswa meningkat, (3) Hasil belajar siswa dengan menggunakan Model pembelajaran Word Square lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran Konvensional pada mata materi Sumber Daya AlamKelas IV SD Negeri 064024 Medan Selayang Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Word Square Learning Model, Natural Resources | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Jun 2020 04:16 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Jun 2020 04:16 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/735 |
Actions (login required)
View Item |