PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 064024 MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2017/2018

SITEPU, SAMALIA TRIPERA BR, 1405030259 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 064024 MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (710kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (460kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (769kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (357kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064024 Medan Selayang, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang terbagi menjadi dua kelas yang berjumlah 60 orang. Sedangkan objek penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Word Square terhadap peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Sumber Daya Alam kelas IV SD Negeri 064024 Medan Selayang Tahun Ajaran 2017/2018. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes essay yang dibatasi pada ranah kognitif C1. Analisis data data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar secara individu, ketuntasan secara klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa hasil penelitian siklus I dan siklus II terjadi peningkatan. Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat 15% dari nilai 59,54% menjadi 74,54%. Aktivitas siswa meningkat 15% dari nilai 60 menjadi 75, ketuntasan hasil belajar telah tuntas secara klasikal meningkat 43,33% dari 50% menjadi 93,33% yang tuntas, dan nilai rata-rata meningkat 15,89% dari 67,90 menjadi 83,79. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, (2) Hasil belajar siswa meningkat, (3) Hasil belajar siswa dengan menggunakan Model pembelajaran Word Square lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran Konvensional pada mata materi Sumber Daya AlamKelas IV SD Negeri 064024 Medan Selayang Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Word Square Learning Model, Natural Resources
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Srie Faizah Lisnasari, M.SiNIP.196702251998012001UNSPECIFIED
Thesis advisorJainal B Togatorop, M.PdNIDN.0124028702UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Jun 2020 04:16
Last Modified: 16 Jun 2020 04:16
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/735

Actions (login required)

View Item View Item