PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA LUAS DAERAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018

PINEM, REAENSHA BR, 1405030256 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA LUAS DAERAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (841kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (555kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (723kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (437kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menjumlahkan pecahan pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan Alat Peraga Luas Daerah di kelas V SD Negeri 060938 Medan Johor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 060938 Medan Johor yang berjumlah 50 orang yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 50 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah quasi eskperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan Alat Peraga Luas Daerah dengan alat pengumpul data yaitu test dalam berupa Essay. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan Post Test, hasil belajar siswa yang menggunakan alat peraga luas daerah pada mata pelajaran Matematika materi menjumlahkan pecahan di kelas V memperoleh nilai rata-rata 78,13 sedangkan yang menggunakan pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 74,13. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan menggunakan alat peraga luas daerah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi menjumlahkan pecahan di kelas V SD Negeri 060938 Medan Johor Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Regional Landscape Tool, Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Heriyanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Jun 2020 04:21
Last Modified: 16 Jun 2020 04:21
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/736

Actions (login required)

View Item View Item