PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK MERINGKAS DENGAN KATA-KATA SENDIRI TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 060934 JL. PINTU AIR II MEDAN JOHOR TAHUN JAARAN 2017/2018

TARIGAN, WINDA SARI BR, 1405030217 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK MERINGKAS DENGAN KATA-KATA SENDIRI TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 060934 JL. PINTU AIR II MEDAN JOHOR TAHUN JAARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (366kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (374kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (469kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (360kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dalam materi Pemahaman Membaca dengan menggunakan teknik meringkas dengan Pembelajaran Konvesional di kelas V SD Negeri 060934 Medan Johor Tahun Ajaran 2017/2018. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060934 Medan Johor pada tanggal 29 Maret sampai 3 April 2018 Sebagai subjeknya adalah siswa kelas VA dan VB dengan jumlah siswa di kelas VA ada 25 orang dan kelas VB ada 25 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen test pemahaman membaca yang telah divalidasi oleh validator. Sebelum melakukan pembelajaran hasil rata-rata tes awal kelas VA = 40,20 dan ratarata hasil belajar VB = 39,00. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas VA dengan menggunakan Teknik Meringkas dan setelah dilakukan tes akhir siswa memperoleh rata-rata 86,00 sedangkan hasil belajar pada kelas VB dengan menggunakan Pembelajaran Konvesional memperoleh rata-rata 75,00. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji bk untuk data kelas VA dengan Teknik Meringkas dan kelas VB dengan pembelajaran Konvesional diperoleh Xhitung ( X2 )= 8,12 dan tabel X = 5.99 Jadi nilai Xhitung lebih besar dari pada tabel X .

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Technique Summarize With Your Own Word, Conventional Learning, Learning Outcomes, The Indonesian Language
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorHasni Suciawati, S.Pd., M.PdNIDN.0104048701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Jun 2020 04:34
Last Modified: 16 Jun 2020 04:34
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/737

Actions (login required)

View Item View Item