PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI NAMU UNGGAS TAHUN AJARAN 2017/2018

SITEPU, DESI ANGGRAINI BR, 1405030062 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI NAMU UNGGAS TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (720kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (709kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (33MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dan pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V materi jaring-jaring bangun ruang pada balok dan kubus Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 050696 Namu Unggas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 050696 Namu Unggas dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas V yang berjumlah 40 orang dan terbagi menjadi dua kelas pararel yaitu kelas V-a sebanyak 20 siswa dan kelas V-b sebanyak 20 siswa. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis digunakan uji independen antara dua faktor. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang pada balok dan kubus di kelas V SD Negeri 050696 Namu Unggas Tahun Ajaran 2017/2018 setelah menggunakan Alat Peraga diperoleh nilai rata-rata 82,00 dan tanpa menggunakan Alat Peraga diperoleh nilai rata-rata 75,38. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan, bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika materi jaring-jaring bangun ruang pada balok dan kubus kelas V SD Negeri 050696 Namu Unggas Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Props, Learning Result of Mathematics
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Hartono, M.PdNIP.195706191990031001UNSPECIFIED
Thesis advisorJainal B Togatorop, S.Pd., M.PdNIDN.0124028702UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 18 Jun 2020 03:39
Last Modified: 18 Jun 2020 03:39
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/743

Actions (login required)

View Item View Item