PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 101819 PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2017/2018

SURBAKTI, HESTI PRATIWI BR, 1405030071 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 101819 PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (852kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (612kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (788kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (29MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 101819 Pancur Batu Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101819 Pancur Batu Tahun Ajaran 2017/2018. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil observasi bahwa persentase aktivitas guru meningkat dari 55,75% (Cukup) menjadi 79,75% (Baik), persentase aktivitas siswa meningkat dari 64 (Cukup) menjadi 88 (Baik). Dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 69,06 menjadi 79,05. Sebelum hipotesis penelitian diuji, seluruh data hasil belajar telah memenuhi syarat pengujian hipotesis yaitu seluruh data berdistribusi normal dan kedua sampel homogen.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata(uji t) dan diperoleh t_hitung 4,139 > t_tabel 2,009. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam menyelesaikan Pembulatan dan Penaksiran pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisionslebih baik daripada menggunakan pembelajaran Konvensional di kelas V SD Negeri 101819 Pancur Batu Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Model Type Student Teams Achievement Divisions, Learning Outcome, Mathematics
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Heryanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorJainal B. Togatorop, S.Pd, M.PdNIDN.0124028702UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 18 Jun 2020 03:18
Last Modified: 15 Jul 2020 10:42
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/744

Actions (login required)

View Item View Item