PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PQ4R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI SD NEGERI 101912 PAGAR MERBAU TAHUN AJARAN 2017/2018

ATMAJA, INDAH SULISTIA WARDANA, 1405030033 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PQ4R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI SD NEGERI 101912 PAGAR MERBAU TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (655kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (520kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (963kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (354kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan pengaruh penggunaan metode pembelajaran Preview, Question, Read, Reflecty, Ricite, dan Review (PQ4R) pada materi membaca pemahaman.Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101912 Pagar Merbau pada tanggal 23 Januari 2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 101912 Pagar Merbau berjumlah 59 orang sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpul data yang digunakan tes dan analisis data yang terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji independen antara dua faktor. Berdasarkan hasil observasi bahwa persentase aktivitas guru 79,5% dengan kategori baik dan hasil observasi aktivitas siswa 80% dengan kategori baik. Dan rata-rata Kemampuan membaca siswa menggunakan metode pembelajaran Preview, Question, Read, Reflecty, Ricite, dan Review (PQ4R) meningkat dari 106,80 menjadi 241,10. Sebelum hipotesis penelitian diuji, seluruh data kemampuan membaca siswa telah memenuhi syarat pengujian hipotesis yaitu seluruh data berdistribusi normal dan kedua sampel homogen.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata(Uji BK) dan diperoleh x2hitung = 16,86 > x2tabel = 15,5 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode Preview, Question, Read, Reflecty, Ricite, dan Review (PQ4R) terhadap kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VI SD Negeri 101912 Pagar Merbau Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student reading ability, Preview learning method, Question, Read, Reflecty, Ricite, and Review (PQ4R).
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorEka Oksani Harahap, M.PdNIDN.0127108307UNSPECIFIED
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 18 Jun 2020 03:57
Last Modified: 21 Aug 2021 03:26
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/745

Actions (login required)

View Item View Item