PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH DAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI KELAS V SD NEGERI 058355 AMAN DAMAI TAHUN AJARAN 2017/2018

BARUS, VERONIKA BR, 1405030074 (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH DAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI KELAS V SD NEGERI 058355 AMAN DAMAI TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (721kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (451kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (560kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (369kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan model Make A Match lebih baik dari pada menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran matematika materi pecahan pokok bahasan mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal dan sebaliknya. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 058355 Aman Damai. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri 058355 Aman Damai yang berjumlah 40 siswa dan dibagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes dan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis yang digunakan uji perbedaan dua rata-rata. Dari hasil analisis data diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan pokok bahasan mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal dan sebaliknya setelah menggunakan model Make a Match di kelas V SD Negeri 058355 Aman Damai Tahun Ajaran 2017/2018 diperoleh nilai rata-rata 86,15 dan hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing diperoleh nilai rata-rata 76,77. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan pokok bahasan mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal dan sebaliknya yang diajar dengan menggunakan model Make a Match lebih baik dari pada yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing di kelas V SD Negeri 058355 Aman Damai Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Make a Match, Snowball Throwing
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Hartono, M.PdNIP.195706191990031001UNSPECIFIED
Thesis advisorJainal B Togatorop, S.Pd., M.PdNIDN.0124028702UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 18 Jun 2020 03:49
Last Modified: 18 Jun 2020 03:49
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/746

Actions (login required)

View Item View Item