PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBERIAN TUGAS KELOMPOK DENGAN TUGAS INDIVIDU MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 060934 MEDAN JOHOR TA 2017/2018

NURBAITI, 1405030252 (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBERIAN TUGAS KELOMPOK DENGAN TUGAS INDIVIDU MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 060934 MEDAN JOHOR TA 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (872kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (587kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (753kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (435kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pemberian tugas kelompok dan dengan pemberian tugas individu pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 060934 Medan Johor TA2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dalam penelitian ini diambil data pre test dan post test. Penelitian ini dilakukan diSD Negeri 060934 Medan Johor TA 2017/2018.Populasi dari penelitian ini yaitu sluruh siswa kelas V SD Negeri 060934 Medan Johor yang berjumlah 50 siswa.Sampel Penelitian ini yaitu siswa kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa dan pada kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah soal tes essay sebanyak 4 soal. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan nilai rata-rata pre test kelas V-A yaitu 42.20 dan nilai rata-rata siswa kelas V-B yaitu 40.02. Setelah kedua kelas dilaksanakan pembelajaran yang berbeda maka diperoleh nilai rata-rata kelas V-A dengan menggunakan pemberian tugas kelompok yaitu 77.90 dan nilai rata-rata kelas V-B dengan menngunakan pemberian tugas individu yaitu 72.48. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai t hitung 2.20 > t tabel = 2.01makaHo ditolak dan Hi diterima dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan pemberian tugas kelompok lebih baik daripada pemberian tugas individu.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Results, Assignment, Science Lesson
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Srie Faizah Lisnasari, M.SiNIP.196401231991022001UNSPECIFIED
Thesis advisorUlfah Sari Rezeki, S.Pd., M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 18 Jun 2020 04:41
Last Modified: 18 Jun 2020 04:41
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/749

Actions (login required)

View Item View Item