PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 064990 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018

SIMAMORA, INDI MULIONO, 1405030299 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 064990 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (943kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (500kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (528kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (429kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi mengenal sifat-sifat operasi hitung setelah menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, (2) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi mengenal sifat-sifat operasi hitung setelah menggunakan pembelajaran biasa yaitu ceramah, (3) Mengetahui ada pengaruh signifikan pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar matematika SD Negeri 064990 Medan Johor Tahun Ajaran 2017/2018Banyak sampel pada penelitian adalah 74 orang siswa kelas IV–A dan IV-B. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dan penilaian adalah tes bentuk pilihan berganda sebanyak 10 soal yang telah divalidasi oleh validator. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t untuk tes awal (pretest)dan uji statistik independen antara dua faktor atau uji B x K untuk tes akhir (post test) dengan taraf signifikan α = 5 % dan uji persyaratn analisis yaitu normalitas data dan homogenitas varians. Hasil nilai rata-rata siswa kelas IV-A 38,40 yaitu dan nilai rata kelas IV-B yaitu 39,48. Setelah kedua kelas dilaksanakan pembelajaran yang berbeda, maka diperoleh nilai rata-rata kelas IV-A dengan menggunakan Model ceramah yaitu 48,38 dan nilai rata-rata kelas IV-B dengan meggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu 71,79, jadi, nilai rata-rata siswa menggunakan model kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibanding nilai rata-rata siswa menggunakan model pembelajaran biasa yaitu ceramah. Pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji independen antara dua faktor (B x K) sehingga diperoleh data tes akhir kelas IV-A dan kelas IV-B yaitu X2= 21,90 >X2(0,95)(8) = 15,51. Karena X2 hitung >X2 tabel maka dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar metematika materi mengenal sifat-sifat operasi hitung di kelas IV SD Negeri 064990 Medan Johor Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Capability, STAD Cooperative Learning Model (Student Teams Achievement Division)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Hartono S, M.PdNIP.19570619199031001UNSPECIFIED
Thesis advisorSiti Zahara H. Harahap, M.PdNIDN.0114078802UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 18 Jun 2020 05:55
Last Modified: 15 Jul 2020 11:06
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/751

Actions (login required)

View Item View Item