PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD SWASTA DHARMA WANITA PERTIWI TAHUN AJARAN 2017/2018

SURBAKTI, BANTA BR, 1405030076 (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD SWASTA DHARMA WANITA PERTIWI TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (362kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (375kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (495kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (535kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (355kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi, Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang masing-masing terdiri 24 orang siswa yaitu kelas VA dan VB. Metode dalam penelitian ini adalah Quasi experiment dengan intrumen soal essay. Analisis data dilakukan dengan perhitungan manual untuk mengetahui nilai rata-rata, simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t.Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah 83,00, nilai rata-rata hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 78,33. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas V SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Jigsaw Cooperative Learning Model, STAD Type Cooperative Learning Model
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Sosial Science > 370 Education > 370.19 Sociology Of Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDra.Datten, M.PdNIP.196611291992032001UNSPECIFIED
Thesis advisorTina Sheba Cornelia, M.PdNIDN.0120058705UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 18 Jun 2020 09:12
Last Modified: 15 Jul 2020 10:56
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/756

Actions (login required)

View Item View Item