PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SD NEGERI 068008 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SIPAYUNG, ICHYA DEOCTA, 1405030038 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SD NEGERI 068008 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (855kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (622kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (697kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (430kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan Model Kooperatif tipe NHT dan pembelajaran Konvensional pada materi Pecahan di kelas III SD Negeri 068008 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2017/2018. Adapun masalah dari sekolah tersebut yaitu rendahnya minat siswa dalam mata pelajaran Matematika materi mengenal pecahan. Populasi siswa kelas III sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa kelas eksperimen 31 orang dan kelas kontrol 34 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrumen penelitian ini adalah tes uraian sebanyak 4 soal.Berdasarkan perhitungan rata-rata tes akhir siswa diperoleh rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen 72,19 dan rata-rata hasil belajar di kelas kontrol 68,26. Tabel frekuensi nilai tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat di distribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relatif kemudian digambarkan ke dalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan Model kooperatif tipe Numbered head Together dikelas eksperimen dan pembelajaran Konvensional kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan  = 0,05 diperoleh x2 = 6,91>(0,95)(2)=5,99. Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas III SD Negeri 068008 Medan Tuntungan tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcome Mathematics, Model of cooperative Type Numbered head together (NHT)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Hartono S, M.PdNIP.19570619199031001UNSPECIFIED
Thesis advisorSiti Zahara H. Harahap, M.PdNIDN.0014078802UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 19 Jun 2020 08:51
Last Modified: 15 Jul 2020 11:12
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/765

Actions (login required)

View Item View Item