PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 066656 MEDAN SELAYANG T.A 2017/2018

GINTING, DESI NATALIA, 1405030151 (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 066656 MEDAN SELAYANG T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (366kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (373kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (505kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (361kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dalam materi proses pembentukan jenis-jenis tanah dengan menggunakan pembelajaran Metode Demonstrasi dengan Pembelajaran Konvesional di kelas V SD Negeri 066656 Medan Selayang 2017/2018. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 066656 Medan Selayang pada tanggal 14 sampai 18 Februari 2018 Sebagai subjeknya adalah siswa kelas Va dan Vb dengan jumlah seluruh 64 siswa dan sebagai objek penelitian ini adalah dengan Metode Demonstrasi terhadap hasil belajar siswa meteri proses pelapukan dan jenis-jenis tanah, denggan menggunakan tes esasay. Peneliti mendapat nilai rata-rata siswa di fre test dikelas Va ada 34 orang siswa dan kelas Vb ada 32 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen test essay sebanyak 3 soal yang telah divalidasi oleh validator. Sebelum melakukan pembelajaran hasil rata-rata tes awal kelas Va = 48,57 dan rata-rata hasil belajar Vb = 47,14. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas Va dengan menggunakan Metode Demonstrasi dan setelah dilakukan tes akhir siswa memperoleh rata-rata 80,13 sedangkan hasil belajar pada kelas Vb dengan menggunakan Pembelajaran Konvesional memperoleh rata-rata 74,95. Berdasarkan perhitungan ujii hipotesis dengan uji bk untuk data kelas Va dengan metode Demonstrasi dan kelas Vb dengan pembelajaran Konvesional diperoleh Xhitung ( X2 ) = 33,03 dan tabel X =5,99 Jadi nilai Xhitung lebih besar dari pada tabel X . Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Demonstrasi diperoleh diperoleh nilai rata-rata 80,13, hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 74,95, Hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Demonstrasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 066656 Medan Selayang Tahun Ajaran 2017/2018, hasil belajar dengan menggunakan konvensional kurang signifikan karana cara belajar menggunakan Kovensional kurang menarik pada belajar untuk siswa di SD Negeri 066656 Medan Selayang Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Demonstration Method, Conventional Learning, Learning Outcomes, Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Srie Faizah Lisnasari, M.SiNIP.196702251998012001UNSPECIFIED
Thesis advisorGemala Widiyarti, M.PdNIDN.0123098602UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 19 Jun 2020 08:53
Last Modified: 19 Jun 2020 08:53
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/766

Actions (login required)

View Item View Item