PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 101790 MARINDAL II KEC PATUMBAK KAB DELI SERDANG T.A 2017/2018

PANJAITAN, RIRIS BAWANA, 1405030138 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 101790 MARINDAL II KEC PATUMBAK KAB DELI SERDANG T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (434kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (507kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (541kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (435kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Sinektik pada materi Menulis Deskripsi untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran Model Sinektik dan Pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101790 Marindal II. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101790 Marindal II berjumlah 46 orang yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Sampel penelitian ini 46 siswa yaitu seluruh anggota populasi atau sampel total. Alat pengumpulan data yang digunakan tes penugasan. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksnaan Pre Test yaitu seluruh nilai siswa di bawah rata-rata. Sedangkan pelaksaan Post Test menggunakan Model Pembelajaran Sinektik memperoleh nilai rata-rata 80.42 dan Post Test menggunakan Model Pembelajaran Konvensional memperoleh nilai rata-rata 73.64. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Sinektik terhadap keterampilan menulis deskripsi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 101790 Marindal II T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: The Result of Learning Bahasa, Sinectic Learning Model
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196401231991022001UNSPECIFIED
Thesis advisorDrs. Yason Mendrofa, M.PdNIDN.0102075901UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 19 Jun 2020 09:18
Last Modified: 19 Jun 2020 09:18
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/770

Actions (login required)

View Item View Item