PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN DAN METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATA PELAJARAN PENJAS DI KELAS V SD NEGERI 101814 PERIA-RIA T.A 2017/2018

TARIGAN, ESTIANI BR, 1405030100 (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN DAN METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATA PELAJARAN PENJAS DI KELAS V SD NEGERI 101814 PERIA-RIA T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (808kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (789kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (27MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode bermain lebih baik daripada metode pembelajaran langsung pada mata pelajaran penjas khususnya lompat jauh di kelas V SD Negeri 101814 Peria-ria Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan rancangan yang digunakan pre test dan post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101814 Peria-ria tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 49 orang yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar lompat jauh. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pelaksanaan metode bermain pada kegiatan lompat jauh nilai rata rata siswa = 80.97 dengan kategori baik. Hasil penelitian hipotesis menunjukkan ada peningkatan hasil belajar dengan metode bermain terhadap lompat jauh diperoleh t= 2,32 dan t(0,975)(47)=2,013 maka t=2,32 > t (0,0975)(47)=2,013. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran penjas dalam materi lompat jauh menggunakan metode bermain lebih baik daripada hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran langsung di kelas V SD Negeri 101814 Peria-ria Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Method of play, Learning outcomes, Long jump
Subjects: 700 The Art, Fine and Sport > 790 Recreational and Performing Arts
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs.Sejahtera, M.PdNIP.196609171993031002UNSPECIFIED
Thesis advisorFrikson Jony Purba, S.Si, M.PdNIDN.0104048701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 20 Jun 2020 02:22
Last Modified: 15 Jul 2020 12:42
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/775

Actions (login required)

View Item View Item