PENGARUH PEMBERIAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 101790 MARINDAL II KECAMATAN PATUMBAK TAHUN AJARAN 2017/2018

SINAGA, SETIA HERMAWATI, 1405030023 (2018) PENGARUH PEMBERIAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 101790 MARINDAL II KECAMATAN PATUMBAK TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (386kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (376kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (442kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (537kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (354kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk Mengetahui Pengaruh hasil belajar siswa Matematika dengan menggunakan Pemberian Tugas dan Pembelajaran pada materi Perkalian Bilangan Asli Dengan Pecahan Biasa di Kelas V SD Negeri 101790 Marindal II Kecamatan Patumbak Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun Masalah dari sekolah tersebut yaitu rendahnya minat siswa dalam mata pelajaran matematika materi Perkalian Bilangan Asli Dengan Pecahan Biasa. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 50 orang siswa yaitu kelas VB dan VC SD Negeri 101790 Marindal II Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Jenis Penelitian ini adalah adalah Quasi experiment dengan instrumen 3 soal yang diujikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan (pre test dan post test). Penelitian ini menggunakan rancangan non equivalent pre test-post test design. Hasil nilai rata-rata untuk mengetahui nilai rata-rata, simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Dari analisis data penelitian menunjukkan bahwa Pemberian Tugas (  x =85,68) secara nyata memberi efek peningkatan hasil belajar siswa lebih baik daripada menggunakan konvensional (  x =73,6), uji independen antara dua factor untuk data hasil belajar pada mata pelajaran Matematika Materi Perkalian Bilangan Asli Dengan Pecahan Biasa Diperoleh Nilai 10,92lebih besar dari , . Sehingga ditolak dan diterima. Sehingga ada pengaruh yang signifikan Pemberian tugas terhadap hasil belajar di SD Negeri 101790 Marindal II Kecamatan Patumbak Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, Effects of Assignment, Conventional
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs.Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorFrikson Jony Purba, S.Si, M.PdNIDN.0104048701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 20 Jun 2020 03:30
Last Modified: 15 Jul 2020 12:41
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/777

Actions (login required)

View Item View Item