PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS III SD NEGERI NO. 101418 KEC. BIRU- BIRU T.A 2017/2018

GINTING, ELSARIA, 1405030184 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS III SD NEGERI NO. 101418 KEC. BIRU- BIRU T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (718kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (745kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (720kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (45MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pembelajaran model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkat hasil belajar IPS dengan materi Jenis- Jenis Pekerjaan siswa di kelas III SD Negeri 101418 Peria- ria Tahun Ajaran 2017/2018. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 101418 Peria- ria Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini didasari atas pertimbangan bahwa iswa masih kesulitan pada materi Jenis- Jenis Pekerjaan . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-A dan III-B SD berjumlah 50 siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah perbaikan pembelajaran dalam Jenis- Jenis Pekerjaan yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples di kelas III SD Negeri 101418 Peria- ria Tahun Ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes essai yang dibatasi ranah kognitif C1 dan C2. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar individu, ketuntasan klasikal, rata-rata hasil belajar siswa dan Pengujian Hipotesis. Berdasarkan analisis penelitian diperoleh rata-rata nilai siswa meningkat siklus I dan siklus II terjadi peningkatan. Hasil peningkatan observasi pelaksaan pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat 20,3% dari 60% menjadi 80,3%. Aktivitas siswa meningkat 18% dari 66% menjadi 84%, ketuntasan hasil belajar siswa meningkat 16% dari 72% menjadi 88% yang tuntas, dan nilai ratarata meningkat 11,8% dari 69,8 menjadi 81,6. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) pelaksaan pembelajaran berkategori baik, (2) hasil nelajar siswa meningkat (3) hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples lebih baik daripada menggunakan pembelajaran Konvensional pada materi Jenis- Jenis Pekerjaan di kelas III SD Negeri 101418 Peria-ria Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Learning Models Examples Non Examples
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDra.Datten, M.PdNIP.196611291992032001UNSPECIFIED
Thesis advisorGemala Widiyarti, M.PdNIDN.0123098602UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 20 Jun 2020 03:17
Last Modified: 15 Jul 2020 12:39
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/780

Actions (login required)

View Item View Item