MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS III SD NEGERI 101790 MARINDAL II KEC. PATUMBAK T.A 2017/2018

PARDOSI, EVAWATI, 1405030298 (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS III SD NEGERI 101790 MARINDAL II KEC. PATUMBAK T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (377kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (380kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (646kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (355kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan Model Examples Non Examples Dengan Materi Jenis-jenis Pekerjaan di Kelas III A dan Kelas III B berjumlah 48 siswa SD Negeri 101790 Marindal II Tahun Pelajaran 2017/2018. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Examples Non Examples dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dengan menerapkan dua Siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 24 orang siswa. Diperoleh data hasil observasi aktivitas guru siklus I adalah 59,3% dan hasil observasi aktivitas siswa siklus I adalah 66 maka dapat dinyatakan aktivitas guru dan siswa berkategori cukup. Hasil belajar siswa secara klasikal yaitu dengan nilai rata-rata hasil belajar siklus I adalah 69,6%. Kemudian peneliti melakukan perbaikan pada siklus II maka diperoleh data hasil observasi aktivitas guru meningkat yaitu 76,5% dan hasil observasi aktivitas siswa juga meningkat yaitu 82 maka dapat dinyatakan pelaksanaan pembelajaran berkategori baik. Hasil belajar siswa meningkat dan dapat dinyatakan tuntas secara klasikal, dengan membandingkan rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 79,6% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, hasil belajar siswa meningkat, hasil belajar siswa dengan menggunakan model examples non examples lebih baik daripada menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan materi jenis-jenis pekerjaan di kelas III SD Negeri 101790 Marindal II Kec. Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Learning Models Examples Non Examples
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs.Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 20 Jun 2020 03:58
Last Modified: 15 Jul 2020 12:43
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/785

Actions (login required)

View Item View Item