MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN IPS DIKELAS IVSD NEGERI 068008 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2017/2018

SIMANJORANG, DENNI LIDA, 1405030141 (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN IPS DIKELAS IVSD NEGERI 068008 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (700kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (581kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (644kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (498kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi Produksi.Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 068008 Medan Tuntungan dengan jumlah siswa 50 siswa. Sampel penelitian yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 orang dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol berjumlah 24 orang. Adapun objek penelitian yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing sedangkan alat pengumpul data yaitu lembar observasi dan pengujian hipotesis digunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh dari observasi guru nilai yang diperoleh yaitu 60,4% meningkat menjadi 79,2 % pada siklus II, aktivitas siswa diperoleh nilai 58 pada siklus I menjadi 78 pada siklus II, ketuntasan klasikal diperoleh pada siklus I 46,15% menjadi 88,46 pada siklus II, rata-rata hasil belajar pada siklus I 66,54 dan meningkat menjadi 76,92 pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa meningkat secara klasikal, hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi Produksi lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran Konvensional di Kelas IV SD Negeri 068008 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Social science Learning outcomes, Snowball Throwing learning model
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDra. Elisa, M.PdNIP.196106011988012001UNSPECIFIED
Thesis advisorHasni Suciawati, M.PdNIDN.0104048903UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Jun 2020 02:06
Last Modified: 03 Jul 2020 07:22
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/791

Actions (login required)

View Item View Item