PENGARUH PENGGUNAAN MODEL TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MATERI JENIS PEKERJAAN DI KELAS III SD NEGERI 067259 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018

RUMAHORBO, HARTATI, 1405030288 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MATERI JENIS PEKERJAAN DI KELAS III SD NEGERI 067259 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (834kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (486kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (802kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (357kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dalam menggunakan model tebak kata terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas III SD Negeri 067259 Medan Johor. Penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian Pretest dan posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 067259 Medan Johor Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SD Negeri 067259 Medan Johoryang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas III-A sebagai kelas kontrol dengan berjumlah 30 siswa dan kelas III-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes essay sebanyak 5 soal. Sebelum kedua kelas diberi perlakuan berbeda terlebih dahulu kedua kelas diberi soal pritest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Sehingga dapat hasil pre test nilai rata-rata siswa kelas III-A yaitu 37,67 dan nilai rata-rata siswa kelas III-B yaitu 38,00. Setelah kedua kelas dilaksanakan pembelajaran yang berbeda, maka diperoleh hasil post test nilai rata-rata kelas III-A dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 65,83 dan nilai rata-rata kelas III-B dengan menggunakan model Tebak Kata yaitu 82,3. Dari hasil penelitian menjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam menggunakan model Tebak . Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji Independen antara dua faktor sehingga diperoleh hasil data posttest kelas III-A dan III-B yaitu x2 hitung=14,52dan x2 tabel =5,99 karena x2 hitung > x2 tabel maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Tebak Kata ada pengaruh yang signifikan dalam menggunakan model pembelajaran Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Materi Jenis Pekerjaan Di Kelas III SD Negeri 067259 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, Social studies, Guess words
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDra. Datten, M.PdNIP.1966112911291992032001UNSPECIFIED
Thesis advisorSiti Zahara H.Harahap, M.PdNIDN.0114078802UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Jun 2020 02:20
Last Modified: 03 Jul 2020 07:24
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/792

Actions (login required)

View Item View Item