PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GERAK BENDA DI KELAS III SD NEGERI 060973 ASAM KUMBANG TAHUN AJARAN 2017/2018

LIMBONG, INDRAYANI OKTAVIANA, 1405030516 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GERAK BENDA DI KELAS III SD NEGERI 060973 ASAM KUMBANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (565kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (980kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (789kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (35MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menngunakan model NHT pada mata pelajaran IPA materi Gerak Benda di kelas III SD Negeri 060973 Asam Kumbang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060973 Asam Kumbang Tahun Pelajaran 2017/2018, pada tanggal 13-15 Februari 2018 dengan populasi seluruh siswa kelas III sebanyak 2 kelas dengan jumlah 62 siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrumen peneliti ini dengan bentuk essay yang dibatasi pada C1 dan C2 sebanyak 5 soal. Berdasarkan perhitungan rata-rata tes akhir siswa diperoleh rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen 72,19 dan rata-rata hasil belajar di kelas kontrol 68,10. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh x2 = 9,15 ≥ (0,95)(2) = 5,99. Dari hasil pengujian hipotesis data, diperoleh χ2hitung lebih besar dari pada χ2tabel sehingga ada pengaruh Model NHT pada mata pelajaran IPA dari pada model pembelajaran Konvensional. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata nilai, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) pada materi Gerak Benda di kelas III SD Negeri 060973 Asam Kumbang Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcome, Influence of Cooperative Model Type NHT (Numbered Head Together
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Srie Faizah Lisnasari, M.SiNIP.1967022519981012001UNSPECIFIED
Thesis advisorDedi holden Simbolon, S.Si, M.PdNIDN.0103118701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Jun 2020 03:30
Last Modified: 03 Jul 2020 07:23
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/796

Actions (login required)

View Item View Item