UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SDN 068003 KAYU MANIS SIMALINGKAR TAHUN AJARAN 2017/2018

DAMANIK, DOSMARIA JULITA ANDRIANI, 1405030048 (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SDN 068003 KAYU MANIS SIMALINGKAR TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (504kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (578kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (571kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (432kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing pada materi Kebebasan Berorganisasi dan untuk mengetahui apakah penggunaan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 068003 Kayu Manis Simalingkar Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 25 orang siswa, sedangkan objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas V SD Negeri 068003 Kayu Manis Simalingkar Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Waktu penelitian dilaksanakan dari tanggal 19 april 2018. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dan dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru pada siklus I mencapai 59,20% dan aktivitas siswa 68 dengan kategori cukup. Pada siklus II pelaksanaan aktivitas guru meningkat menjadi 70,50% dan aktivitas siswa 86 dengan kategori baik. Ketuntasan klasikal siswa pada siklus I diperoleh 85% dan meningkat pada siklus II menjadi 88%. Sedangkan hasil nilai rata-rata siswa pada siklus I dari 25 orang siswa sebesar 58,93% meningkat pada siklus II menjadi 81,28. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model dapat meningkatkan hasil belajar Pkn siswa pada materi Kebebasan Berorganisasi di kelas V SD Negeri 068003 Kayu Manis Simalingkar Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan model Snowball Throwing dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning result, Snowball Throwing
Subjects: 300 Sosial Science > 320 Political and Government Science
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorPindo Hutauruk, S.Pd, M.PdNIDN.0124018701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Jun 2020 03:51
Last Modified: 03 Jul 2020 07:23
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/797

Actions (login required)

View Item View Item