SINGARIMBUN, RUDY BERMANTONI, 1405030323 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA KELAS V SD NEGERI NO. 105268 TELAGA SARI KEC. SUNGGAL T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (421kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (583kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (598kB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (433kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (8MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk penelitian untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran IPA materi Sifat-Sifat Cahaya di kelas V SDN 105268 Telaga Sari Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SDN 105268 Telaga sari dengan subjek penelitian kelas V berjumlah 42 orang. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL). Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi guru dan lembar observasi siswa dan tes. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat yaitu siklus I dengan nilai 57,66% menjadi 78,44% di siklus II dan aktivitas siswa siklus I dengan nilai 62% menjadi 84% di siklus II. Ketuntasan individual telah mencapai KKM dengan nilai 70, ketuntasan klasikal meningkat siklus I 64,30% menjadi 88% di siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL) pada mata pelajaran IPA materi Sifat-sifat Cahaya di kelas V SDN 105268 Telaga sari Tahun Pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, CTL model, Sains | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jun 2020 04:06 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2020 07:22 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/799 |
Actions (login required)
View Item |