PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA KELAS V SD NEGERI NO. 105268 TELAGA SARI KEC. SUNGGAL T.A 2017/2018

SINGARIMBUN, RUDY BERMANTONI, 1405030323 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA KELAS V SD NEGERI NO. 105268 TELAGA SARI KEC. SUNGGAL T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (421kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (583kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (598kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (433kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk penelitian untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran IPA materi Sifat-Sifat Cahaya di kelas V SDN 105268 Telaga Sari Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SDN 105268 Telaga sari dengan subjek penelitian kelas V berjumlah 42 orang. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL). Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi guru dan lembar observasi siswa dan tes. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat yaitu siklus I dengan nilai 57,66% menjadi 78,44% di siklus II dan aktivitas siswa siklus I dengan nilai 62% menjadi 84% di siklus II. Ketuntasan individual telah mencapai KKM dengan nilai 70, ketuntasan klasikal meningkat siklus I 64,30% menjadi 88% di siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL) pada mata pelajaran IPA materi Sifat-sifat Cahaya di kelas V SDN 105268 Telaga sari Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, CTL model, Sains
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Elisa, M.PdNIP.196106011988012001UNSPECIFIED
Thesis advisorDra. Jainab, M.PdNIDN.132252325UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Jun 2020 04:06
Last Modified: 03 Jul 2020 07:22
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/799

Actions (login required)

View Item View Item