PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI KELAS V SD NEGERI 068003 KAYU MANIS SIMALINGKAR TAHUN AJARAN 2017/2018

SIMANJUNTAK, DIAN M, 1405030109 (2018) PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI KELAS V SD NEGERI 068003 KAYU MANIS SIMALINGKAR TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (619kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (498kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (429kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tingkat pengaruh kebiasaan membaca dalam prestasi belajar, ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian berdasarkan metodenya penelitian eksperimen dan pendekatan kualitatif dengan analisis regresi linier sederhana. Korelasi atau hubungan ( pengaruh ) yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menghubungkan antara kebiasaan membaca terhadap prestasi belajar siswa. Permasalah yg dikaji dalam penelitian ini adalah :1). Bagaimana deskripsi prestasi belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa yang biasa membaca di kelas V SDN 068003 Kayu Manis Medan, 2) Bagaimana deskripsi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa tidak biasa membaca di kelas V SDN 068003 Kayu Manis Medan, 3) Apakah ada pengaruh kebiasaa membaca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN 068003 Kayu Manis Simalingkar Medan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bawa rata-rata prestai belajar siswa kelas V SDN 068003 kayu manis 74, 35 ini berada pada tingkat baik sekali. Sedangkn rata-rata angket sebesar 77,77 yang berada pada tingkat kebiasaan. Standar deviasinilai prestasi belajar kelas V SDN 068003 Kayu Manis Simalingkar Medan sebesar 11.409 dan standar deviasi nilai prestasi belajar kelas V SDN 068003 Kayu Manis 8,59. Dan tingkat pengaruh variable kebiasaan membaca terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN 068003 Kayu Manis berada pada tingkat yang tinggi dengan angkabyg kualitas korelasi sebesar 96,04%. Dari uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana diperoleh Fhitung = -0,74769 dan F tabel = 2,60 dimana harga Fhitung< F(1–α) (k-2, n-k), maka hipotesis regresi linier dapat diterima. Penelitian ini ada pengaruh antara kebiasaan membaca terhadap prestasi belajar kelas V SDN 068003 Kayu Manis Medan tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reading Habit toward Student Learning Achievemen
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorRinci Simbolon, S.Pd, M.PdNIDN.0121118703UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Jun 2020 06:53
Last Modified: 03 Jul 2020 07:21
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/802

Actions (login required)

View Item View Item