MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 060935 JL. PINTU AIR II KEC. MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

GINTING, INES APRIYANA BR, 1405030018 (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 060935 JL. PINTU AIR II KEC. MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (384kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (401kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (562kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (383kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri No. 060935 Jl. Pintu Air II Kec. Medan Johor, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 23 orang, sedangkan objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPS materi keanekaragaman suku dan budaya di kelas IV. Alat pegumpulan data adalah lembar observasi dan tes essai yang dibatasi pada jenjang kognitif C1 dan C2. Analisis data yang digunakan adalah hasil belajar individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Dari analisis data yang diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat 18,2% dari nilai 60% menjadi 78,2%, aktivitas siswa meningkat 20 dari nilai 58 menjadi 78 ketuntasan individu mencapai nilai KKM yaitu 70, secara klasikal meningkat 60,87% dari 26,087% menjadi 86,957% yang tuntas, dan nilai rata-rata meningkat 27,37% dari 65,19 menjadi 76,52. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada pelajaran IPS keragaman suku dan budaya di kelas IV SD Negeri No. 060935 Jl. Pintu Air II Kec. Medan Johor Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Student learning outcomes, Talking Stick learning model
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDra. Elisa, M.PdNIP.196106011988012001UNSPECIFIED
Thesis advisorGemala Widiyarti, M.PdNIDN.0123098602UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Jun 2020 07:06
Last Modified: 03 Jul 2020 07:21
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item View Item