PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM WRITING DALAM KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 067243 MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2017/2018

APRIANITA, BELA, 1405030127 (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM WRITING DALAM KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 067243 MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (545kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (648kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (781kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (640kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari perpustakaan ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran Quantum Writing Dalam Keterampilan Menulis Argumentasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 067243 Medan Selayang Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan rancangan yang digunakan yaitu pretes postes design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 067243 Medan Selayang Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah siswa dan Sampel dari penelitian ini adalah kelas IVA dan IVB dengan total jumlah siswa 52 jumlah siswa kelas IVA 27 orang dan jumlah siswa kelas IVB yaitu 25 orang. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data hasil observasi, data Keterampilan Menulis Argumentasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Tes yang diberikan kepada siswa berupa essay dengan jumlah 5 soal dan tes kecepatan menulis. Data dianalisis dengan menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pelaksanaan metode pembelajaran Quantum Writing pada hasil kegiatan observasi guru mencapai 79% dengan kategori baik dan hasil observasi siswa mencapai 76% berkategori baik. Hasil penelitian hipotesis menunjukkan ada pengaruh metode pembelajaran Quantum Writing terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi ( 64 9,2 X > 995, 2 7))(95(0,  X ). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh menggunakan Metode Pembelajaran Quantum Writing Dalam Keterampilan menulis Argumentasi Mata Pelajaran bahasa Indonesia pada siswa Kelas IV di SD Negeri 067243 Medan Selayang Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Quantum Writing Learning Method In Argumentation Writing Skill.
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorHasni Suciawati, M.PdNIDN.0104048903UNSPECIFIED
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Jun 2020 07:33
Last Modified: 21 Aug 2021 03:20
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/804

Actions (login required)

View Item View Item