PENGARUH PENGGUNAAN SOSIODRAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 053962 BULUH DURI T.A 2017/2018

SITEPU, BAHTERA, 1405030226 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN SOSIODRAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 053962 BULUH DURI T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (378kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (410kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (448kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (934kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (376kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa mendeskripsikan cara membaca drama yg baik atau pun cara penyampaian berbicara yang baik untuk guru pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan Sosio Drama Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 053962 Buluh Duri T.A 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 053962 Buluh Duri T.A 2017/2018 yang berjumlah 46 orang yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 46 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah quasi esperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan Metode SosioDrama dengan alat pengumpul data yaitu dengan cara membuat perkelompok siswa untuk bicarakan setiap pengalaman atau judul drama yang sudah di berikan oleh peneliti. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan Pre Test yaitu seluruh nilai siswa di bawah rata-rata Sedangkan Pelaksanaan Post Test Metode Sosio Drama memperoleh nilai rata-rata 54.17 dan Post test menggunakan model pembelajaran model konvensional memperoleh nilai rata-rata 78.54 . Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mendeskripsikan cara penyampaian siswa dalam berbiacara dalam kelas dengan guru lebih baik daripada belajar siswa dengan menggunakan Model pembelajaran konvensional di kelas V SD Negeri 053962 Buluh Duri T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Learning Outcomes in Indonesian language lessons, SocioDrama Method
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorRinci Simbolon, S.Pd, M.PdNIDN.0171211103UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Jun 2020 07:58
Last Modified: 03 Jul 2020 07:19
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/805

Actions (login required)

View Item View Item