PENGARUH PEMBERIAN REINFORCEMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ULFA, NAZILA, 1405030240 (2018) PENGARUH PEMBERIAN REINFORCEMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (477kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (495kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (568kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (356kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemberian reinforcement berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Medan. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Medan. Hal ini didasari atas pertimbangan bahwa hasil belajar IPS siswa di sekolah tersebut masih rendah. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas III-A dan III-B dimana masing-masing kelas dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Model dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Analisis data dilakukan untuk mengetahui rata-rata, simpangan baku, uji normalitas data, uji homogenitas varians dan uji independent antara dua faktor. Dari analisis data nilai rata-rata siswa meningkat dari 29,74 menjadi 74,41 secara nyata memberi efek peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan pemberian reinforcement terhadap hasil belajar IPS pada materi memahami jenis pekerjaan siswa kelas III SD tercapai dengan kategori baik. Kemampuan belajar dan keaktifan siswa lebih meningkat dengan menggunakan memberikan reinforcement berupa penguatan positif pada mata pelajaran IPS. Pemberian reinforcement ada pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa pada memahami jenis pekerjaan dari pada menggunakan model konvensional di kelas III SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Medan Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcome, Giving Reinforcement, Conventional Learning Method.
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs.Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorSiti Zahara H. Harahap, M.PdNIDN.0114078802UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Jun 2020 08:11
Last Modified: 03 Jul 2020 07:16
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/806

Actions (login required)

View Item View Item