PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COMPLETE SENTENCE DENGAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA SISWA KELAS III SD NEGERI 067259 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018

SITORUS, YANICA ROSITA BR, 1405030296 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COMPLETE SENTENCE DENGAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA SISWA KELAS III SD NEGERI 067259 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (503kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (759kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (363kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Complete Sentence dengan Media Gambar Seri terhadap kemampuan menulis karangan sederhana Siswa di kelas III SD Negeri 067259 Medan Johor Tahun Ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian pretest dan posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 067259 Medan Johor Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SD Negeri 067259 Medan Johor yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas III-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa dan kelas III-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes menulis karangan sederhana. Sebelum kedua kelas diberi perlakuan berbeda, terlebih dahulu kedua kelas diberi soal pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Sehingga dapat hasil nilai rata-rata siswa kelas III-A yaitu 50,21 dan nilai rata-rata siswa kelas III-B yaitu 48,54. Setelah kedua kelas dilaksanakan pembelajaran yang berbeda, maka di peroleh nilai rata-rata kemampuan menulis karangan sederhana kelas III-A dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 65,42 dan nilai rata-rata kelas III-B dengan menggunakan pembelajaran model Complete Sentence dengan Media Gambar Seri yaitu 83,13. Dari hasil nilai rata-rata kemampuan menulis karangan sederhana dengan menggunakan model Complete Sentence dengan Media Gambar Seri lebih tinggi dibanding nilai ratarata kemampuan menulis dengan menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ability to write simple essay, Complete Sentence model with series picture
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorPindo Hutauruk, S.Pd, M.PdNIDN.0124018701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 15 Jul 2020 14:06
Last Modified: 15 Jul 2020 14:06
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/807

Actions (login required)

View Item View Item