PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 067259 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018

DAMANIK, ROSARI SISKA, 1405030106 (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 067259 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (503kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (759kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (363kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa Gaya dapat mengubah gerak suatu benda pada Mata pelajaran IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV SD Negeri 067259. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 067259 Medan Johor yang berjumlah 64 orang yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 64 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah quasi esperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan alat pengumpul data tes. Hasil belajar siswa menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPA materi Gaya Dapat Mengubah Gerak Suatu Benda memproleh nilai rata-rata 81,83 sedangkan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran IPA materi Gaya Dapat Mengubah Gerak Suatu memproleh nilai rata-rata 74,15. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Gaya Dapat Mengubah Gerak Suatu Benda menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada menggunakan Model Pembelajaran Make A Match dikelas IV SD Negeri 067259 Medan Johor Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes of Science, Contextual Teaching and Learning (CTL), Make A Match Learning Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Heryanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorGemala Widyarti, M.PdNIDN.0123098602UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Jun 2020 08:42
Last Modified: 03 Jul 2020 07:18
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/808

Actions (login required)

View Item View Item