PENGGUNA METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 106816 MARINDAL II TAHUN AJARAN 2017/2018

LUMBAN GAOL, HARDI CRISTIAN, 1405030357 (2018) PENGGUNA METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 106816 MARINDAL II TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (359kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (393kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (442kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (354kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dilakukan perbaikan pelaksanaan dengan menggunakan metode Eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 106816 Marindal II Tahun Ajaran 2017/2018. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Negeri 106816 Marindal II Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 30 siswa yaitu kelas IVA dan IVB dan yang menjadi objek penelitian ini adalah penggunaan metode Eksperimen di kelas IV SD Negeri 106816 Marindal II Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar, ketuntasan individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa hasil penelitian siklus I dan siklus II terjadi peningkatan. Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat 11% dari 60% menjadi 71%. Aktivitas siswa meningkat 18% dari 68% menjadi 86%. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat 23,33% dari 70% menjadi 93,33%, dan nilai rata-rata meningkat 12,76% dari 71,08 menjadi 83,84. Simpulan hasil penelitian ini, yaitu: (1) pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, (2) hasil belajar siswa meningkat, (3) Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Eksperimen lebih baik daripada menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA materi energi bunyi di kelas IV SD Negeri 106816 Marindal II Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Of Learning Result, Learning Experimental Metodhs
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs.Sejahtra, M.PdNIP.19660917199303102UNSPECIFIED
Thesis advisorRuoina M.Br.Tarigan, S.Pd, M.PdNIDN.011110801UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 27 Jun 2020 01:51
Last Modified: 03 Jul 2020 07:13
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/815

Actions (login required)

View Item View Item