MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ALAT PERAGA DI KELAS III SD NEGERI 106166 MARINDAL II KEC. PATUMBAK TAHUN AJARAN 2017/2018

LUMBAN GAOL, ESTER, 1405030020 (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ALAT PERAGA DI KELAS III SD NEGERI 106166 MARINDAL II KEC. PATUMBAK TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (358kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (381kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (603kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (357kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari pre tes, sikus I dan post tes. Subjek penelitian kelas III SD Negeri 106166 Marindal II Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018 dan objek penelitian Media Alat Peraga. Alat pengumpulan data ialah observasi aktivitas guru dan siswa dan soal tes berbentuk pilihan berganda 10 soal dengan jenjang kognitif C1 dan C2. Observasi aktivitas guru siklus I diperoleh nilai 59,6% berkategori cukup pada observasi aktivitas guru siklus II diperoleh nilai 74,16% dan observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh nilai 68 dan observasi aktivitas siswa siklus II diperoleh nilai 76. Ketuntasan secara klasikal siklus I memperoleh nilai 70,8% dan siklus II memperoleh nilai 87,5% dengan rata-rata hasil belajar siswa diperoleh nilai 69,58 Siklus I dan pada siklus II diperoleh nilai 78,75. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Media Alat Peraga materi Uang berkriteria baik, hasil belajar siswa setelah menggunakan Media Alat Peraga telah tuntas secara klasikal ≥ 85 dan hasil belajar siswa meningkat. Jadi, rata-rata hasil belajar siswa menggunakan Media Alat Peraga diperoleh nilai 78,75 dan pada Pembelajaran Konvensional diperoleh nilai 71,74 maka hasil belajar pada materi Uang di kelas III SD Negeri 106166 Marindal II Kecamatan Patumbak dengan menggunakan Media Alat Peraga lebih baik daripada menggunakan Pembelajaran Konvensional.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Improved student learning outcomes, Media Toolkit, Conventional Learning
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs.Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorR.L.Holmes Parhusip, S.Pd, M.PdNIDN.0128098002UNSPECIFIED
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 27 Jun 2020 02:03
Last Modified: 28 Apr 2021 08:58
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/816

Actions (login required)

View Item View Item