PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MODEL TIPE STAD DI KELAS IV SD NEGERI 104238 KEC. TANJUNG MORAWA T.A 2017/2018

SITORUS, HERIKA SRI AYU, 1405030078 (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MODEL TIPE STAD DI KELAS IV SD NEGERI 104238 KEC. TANJUNG MORAWA T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (363kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (378kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (361kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pada mata pelajaran IPA Materi Energi Alternatif di kelas IV SD Negeri 104238 Kec. Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah total sampel yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 104238 Kec. Tanjung Morawa yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis berbentuk essay. Yang diajukan sebelum dan sesudah perlakuan (pre test dan post test). Analisis data dilakukan untuk mengetahui nilai rata- rata, uji normalitas, homogenitas dan uji t, dengan menggunakan model pada mata pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 104238 Kec. Tanjung Morawa dengan sampel penelitian ini sebanyak dua kelas yang masing masing terdiri 20 orang siswa yaitu kelas IVA dan 20 orang siswa kelas IVB tahun ajran 2017/2018. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 29 Januari 2018. Berdasarkan analisis yang diperoleh nilai rata-rata hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah 79,25, nilai rata-rata hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 73,33 dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi alternatif dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV SD Negeri 104238 Kec. Tanjung Morawa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: The learning result using Jigsaw type cooperative learning model is better than STAD type cooperative learning model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr.Srie Faizah Lisnasari, M.SiNIP.196702251998012001UNSPECIFIED
Thesis advisorHotma Tiolina Siregar, M.PdNIDN.0112078003UNSPECIFIED
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 27 Jun 2020 02:15
Last Modified: 25 Nov 2020 07:45
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/817

Actions (login required)

View Item View Item