PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA DI KELAS V SD NEGERI 058355 AMAN DAMAI T.A 2017/2018

PERANGIN-ANGIN, PRISKA H, 1405030391 (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA DI KELAS V SD NEGERI 058355 AMAN DAMAI T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (720kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (713kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (44MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar IPA siswa dengan model Number Head Together lebih baik dari pada menggunakan model Make A Matchpada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifatnya. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperime. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 058355 Aman Damai. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri 058355 Aman Damai yang berjumlah 40 siswa dan dibagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes dan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis yang digunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji t) Dari hasil analisis data diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifatnya setelah menggunakan model pembelajaran koopereatif tipeNumber Head Togetherdi kelas V SD Negeri 058355 Aman Damai Tahun Ajaran 2017/2018 diperoleh nila rata-rata 86,93 dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Make A Matchdiperoleh nilai rata-rata 767,93. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifatnya yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipeNumber Head Togetherlebih baik dari pada yang diajar dengan menggunakan model pembelajaranMake A Matchdi kelas V SD Negeri 058355 Aman Damai Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, NHT (Number Head Together), Make A Match
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr.Srie Faizah Lisnasari, M.SiNIP.196702251998012001UNSPECIFIED
Thesis advisorFrikson Jony Purba, S.Si, M.PdNIDN.0124028702UNSPECIFIED
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 27 Jun 2020 02:29
Last Modified: 25 Nov 2020 07:46
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item View Item