UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 068003 KAYU MANIS SIMALINGKAR TAHUN AJARAN 2017/2018

SAGALA, IFYEN MEYSEFA, 1405030036 (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 068003 KAYU MANIS SIMALINGKAR TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (838kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (820kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (35MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran PKn materi Kebebasan Berorganisasi di kelas V SD Negeri 068003 Kayu Manis P.Simalingkar Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 068003 Kayu Manis P.Simalingkar dengan objek penelitian kelas V berjumlah 25 orang. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran STAD. Alat pengumpulandata yaitu lembar observasi guru dan lembar observasi siswa dan tes. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru menngkat yaitu siklus I dengan nilai 58% menjadi 71% II dan aktivitas siswa siklus 1 dengan nilai 64% menjadi 84% di siklus II. Ketuntasan individual telah mencapai KKM dengan nilai 65, ketuntasan klasikal meningkat siklus I 36% menjadi 88% di siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksaan pembelajaran berkategori baik da hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran PKn materi Kebebasan Berorganisasi di kelas V SD Negeri 068003 Kayu Manis P.Simalingkar tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, STAD Model, Civic Education.
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs.Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorSiti Rakiyah, S.Pd, M.HumNIDN.0110058507UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 27 Jun 2020 03:27
Last Modified: 15 Jul 2020 15:06
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/823

Actions (login required)

View Item View Item