PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SD NEGERI 106831 BAKARAN BATU KECAMATAN LUBUK PAKAM T.A 2017/2018

BARUS, MARTHA MIRANDHA BR, 1405030130 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SD NEGERI 106831 BAKARAN BATU KECAMATAN LUBUK PAKAM T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (741kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (385kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dalam kemampuan berbicara, untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam kemampuan berbicara, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Role Playing terhadap kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri 106831 Bakaran Batu Kecamatan Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2017/2018. Adapun masalah dari sekolah tersebut yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam pelajaran Bahasa Indoenesia terkhusus dalam kemampuan berbicara. Populasi siswa kelas III sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa kelas eksperimen 30 siswa dan kelas kontrol 28 siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen . Berdasarkan analisis data dan penguji hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa demgan menggunak Model Pembelajaran Role Playing diperoleh rata-rata 81,00 dan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 75,81. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan α =0,05 diperoleh hitung X 2 = 7.52 dan tabel X 2 = 5.99 Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indoenesia di kelas III SD Negeri106831 Bakaran Batu Kecamatan Lubuk Pakam tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Role Playing Learning Model
Subjects: 400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs.Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorSiti Rakiyah, S.Pd, M.HumNIDN.0110058507UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 27 Jun 2020 03:54
Last Modified: 15 Jul 2020 15:02
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/826

Actions (login required)

View Item View Item