PENGARUH STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KETERAMPILAN MENEMUKAN IDE POKOK PADA PARAGRAF DI KELAS IV SD NEGERI 060937 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SARI, NOVIYA, 1405030119 (2018) PENGARUH STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KETERAMPILAN MENEMUKAN IDE POKOK PADA PARAGRAF DI KELAS IV SD NEGERI 060937 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (463kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (484kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (715kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (453kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (31MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dari pada Metode Konvensional terhadap keterampilan siswa menemukan ide pokok paragraf pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa di kelas IV-A dan IV-B SD Negeri 060937 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018. Lokasi penelitian dilaksanakan di kelas SD Negeri 060937 Medan Johor. Sebagai subjeknya siswa kelas IV sebanyak 2 kelas IV-A dan IV-B, dengan jumlah keseluruhan siswa dikelas IV sebanyak 53 orang siswa dan sebagai objeknya penggunaan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berpengaruh terhadap keterampilan siswa menemukan ide pokok paragraf pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan alat pengumpul data yang digunakan tes penugasan untuk mengetahui keterampilan siswa menemukan ide pokok pada paragraf. Berdasarkan perhitungan rata-rata Pre Test, sehingga di dapat rata-rata Pre Test kelas IV-A yaitu 49,45 dan nilai rata-rata kelas IV-B yaitu 44,74 tujuan dilakukan Pre Test ini yaitu untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Hasil nilai rata-rata Post Test yang diperoleh kelas IV-A yaitu 77,70 yakni kelas eksperimen dengan menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dan kelas IV-B 67,59 yakni kelas Kontrol. Berdasarkan analisis data dan Pengujian Hipotesis maka dapat disimpulkan bahwaAda Pengaruh yang signifikan menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap keterampilan siswa menemukan ide pokok paragraf pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa di kelas IV SD Negeri 060937 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Strategy, Skills in Finding Basic Ideas of Paragraphs
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs.Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorEka Oksani Harahap, M.PdNIDN.0127108307UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 27 Jun 2020 04:12
Last Modified: 15 Jul 2020 14:59
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/827

Actions (login required)

View Item View Item