NOVALIA, GRACE, 1405030164 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI TOKOH-TOKOH PROKLAMASI DI KELAS V SD NEGERI 060937 MEDAN JOHOR T.P 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (8MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (816kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (791kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (48MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran IPS materi Tokoh-tokoh Proklamasi di kelas V SD Negeri 060937 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 060937 Medan Johor di kelas V-A dan kelas V-B, dengan jumlah keseluruhan siswa di kelas V sebanyak 62 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrumen penelitian ini adalah tes uraian untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan perhitungan rata-rata test akhir siswa, diperoleh rata-rata hasil belajar di kelas kontrol 65,67 dan rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen 75,19. Pengujian hipotesis untuk data tes akhir menggunakan uji independen antara dua faktor (B x K) dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh x2 = 7,39 ≥ x2(0,95)(3) = 5,99. Dari hasil pengujian hipotesis data, diperoleh lebih besar dari pada sehingga ada pengaruh Model Make A Match pada mata pelajaran IPS dari pada Metode Konvensional.Berdasarkan hasil penelitian rata-rata nilai, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi tokoh-tokoh Proklamasi di Kelas V SD Negeri 060937 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Effects of Make A Match Learning Model | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Jun 2020 04:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2020 14:58 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/828 |
Actions (login required)
View Item |