PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI TOKOH-TOKOH PROKLAMASI DI KELAS V SD NEGERI 060937 MEDAN JOHOR T.P 2017/2018

NOVALIA, GRACE, 1405030164 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI TOKOH-TOKOH PROKLAMASI DI KELAS V SD NEGERI 060937 MEDAN JOHOR T.P 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (816kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (791kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (48MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran IPS materi Tokoh-tokoh Proklamasi di kelas V SD Negeri 060937 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 060937 Medan Johor di kelas V-A dan kelas V-B, dengan jumlah keseluruhan siswa di kelas V sebanyak 62 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrumen penelitian ini adalah tes uraian untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan perhitungan rata-rata test akhir siswa, diperoleh rata-rata hasil belajar di kelas kontrol 65,67 dan rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen 75,19. Pengujian hipotesis untuk data tes akhir menggunakan uji independen antara dua faktor (B x K) dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh x2 = 7,39 ≥ x2(0,95)(3) = 5,99. Dari hasil pengujian hipotesis data, diperoleh lebih besar dari pada sehingga ada pengaruh Model Make A Match pada mata pelajaran IPS dari pada Metode Konvensional.Berdasarkan hasil penelitian rata-rata nilai, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi tokoh-tokoh Proklamasi di Kelas V SD Negeri 060937 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Effects of Make A Match Learning Model
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDra.Datten, M.PdNIP.196611291992032001UNSPECIFIED
Thesis advisorR.L.Holmes Parhusip, S.Pd, M.PdNIDN.0128098002UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 27 Jun 2020 04:25
Last Modified: 15 Jul 2020 14:58
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/828

Actions (login required)

View Item View Item