MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA DENGANMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPA DIKELAS IV SD 043951 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SEMBIRING, MEI ANJELIA BR,, 1605030087 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA DENGANMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPA DIKELAS IV SD 043951 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (567kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (211kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (364kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (533kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (96kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan Model Scramble pada mata pelajaran IPA bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhandi kelas IV SD Negeri 043951 Surbakti Tahun Pelajaran 2019/2020”. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 043951 Surbakti. Hal ini didasari atas pertimbangan bahwa siswa masih banyak mengalami kesulitan pada mata pelajaran IPA khususnya pada bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 043951 Surbakti yang berjumlah 32 orang dan sebagai objek penelitian adalah penggunaan Model Scramble. Dari pelaksanaan penelitian siklus I diperoleh data yaitu: hasil observasi aktivitas guru sebesar 58,1% kategori cukup, hasil observasi aktivitas siswa yaitu 66 kategori cukup, jumlah siswa yang tuntas secara individu adalah 19 siswa dan yang tidak tuntas secara individu adalah 13 siswa, sedangkan siswa yang tuntas secara klasikal adalah 59,4% dan yang tidak tuntas secara klasikal adalah 40,6% dan nilai rata-rata nya adalah 71. Sedangkan pada siklus II diperoleh data yaitu :hasil observasi aktivitas guru sebesar 77.1% kategori baik, hasil observasi aktivitas siswa yaitu 84 kategori baik, jumlah siswa yang tuntas secara individu ada 28 siswa dan yang tidak tuntas secara individu adalah 4 siswa, sedangkan siswa yang tuntas secara klasikal adalah 87,5% dan yang tidak tuntas secara klasikal adalah 15,5%, dan nilai rata-rata nya adalah 82,5. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan Model Scramble telah berkategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa tercapai, dan hasil belajar siswa meningkat pada mata pelajaran IPA Materi Bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan di kelas IV SD Negeri 043951 Surbakti Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Scramble Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Eduard, M.Si-NIP. 196612231992031002
Pembimbing IIKarmila Br Karo, S.Sos., M.Si-NIDN. 0130118304
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 25 Nov 2020 07:28
Last Modified: 25 Nov 2020 07:44
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/849

Actions (login required)

View Item View Item