MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 043951 SURBAKI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SURBAKTI, SRI NOVALITA BR,, 1605030306 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 043951 SURBAKI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (745kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (211kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (313kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (449kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (99kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan belajar, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 043951 Surbakti Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 043951 Surbakti yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru 60% dengan kategori cukup dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa mendapat nilai 58 dengan kategori cukup, ketuntasan belajar siswa yang tuntas 19 siswa dan siswa yang tidak tuntas 13 siswa dari 32 siswa,sedangkan ketuntasan klasikal 59,3% dan nilai rata-rata 53,4. Hasil penelitian siklus II dengan perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru diperoleh 78,4% dengan kategori baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa memperoleh nilai 86% dengan berkategori baik, ketuntasan belajar siswa secara individu 28 siswa dan yang tidak tuntas 4 orang siswa dari 32 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II adalah 87,5%% dan nilai rata-rata 83,9.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, learning outcomes of the Talking Stick Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Wajib Pandia, M.Si-NIP. 196212311991021001
Pembimbing IIKarmila Br Karo, S.Sos., M.Si-NIDN. 0130118304
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 25 Nov 2020 07:44
Last Modified: 25 Nov 2020 07:44
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/850

Actions (login required)

View Item View Item