MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040483 PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TARIGAN, SRI BINA BR,, 1605030100 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040483 PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (265kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (257kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (641kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (698kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (183kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Take And Give.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040483 Payung, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD 040483 Payung dngan jumlah siswa sebanyak 25 orang siswa, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah penggunaan Model Pembelajaran Take and Give dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar obervasi siswa dan tes essay yang di batasi pada jenjang C1 dan C2. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat dari 59% menjadi 72% dan berkategori baik, aktivitas siswa meningkat dari 68% menjadi 86% dan berkategori baik. Ketuntasan belajar secara klasikal meningkat dari 60% menjadi 88% yang tuntas dan nilai rata-rata meningkat dari 59.8 menjadi 77.4.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan Model Pembelajaran Take And Give pada Mata Pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 040483 Payung Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Take and Give Learning Models.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Wajib Pandia, M.Si-NIP. 196212311991021001
Pembimbing IIJulius Boy Nesra Basgimata Barus, M.Pd-NIDN. 0117038701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 25 Nov 2020 08:08
Last Modified: 25 Nov 2020 08:08
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/851

Actions (login required)

View Item View Item