MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE AND MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI 040483 PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020

KARO, CARLIANDA BR,, 1605030093 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE AND MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI 040483 PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (222kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (293kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (570kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (775kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar dan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match pada Mata Pelajaran IPS Materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan di kelas V SD Negeri 040483 Payung tahun pelajaran 2019 / 2020. Berdasarkan analisis penelitian pada siklus I diperoleh hasil observasi pada aktivitas guru 60 berkategori cukup, aktivitas siswa 68,8 berkategori cukup, dan ketuntasan klasikal sebesar 85 % dengan demikian pembelajaran pada Siklus I belum berhasil. Dari hasil penelitian ini diadakan refleksi dan memperbaiki pelaksanaan pembelajran pada Siklus ke II sehingga diperoleh hasil obesrvasi aktivitas guru 76 berkategori baik, aktivitas siswa 86 berkategori baik dan ketuntasan klasikal 86,9. Dengan demikian pembelajaran telah tuntas secara klasikal. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran sudah berkategori baik dan ketuntasan telah tuntas secara klasikal serta hasil belajar siswa meningkat setelah meggunakan model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran IPS materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan di kelas V SD Negeri 040483 Payung.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Learning Model make a match
Subjects: 300 Sosial Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Eduard, M.Si-NIP. 196612231992031002
Pembimbing IIBijak Ginting, M.Hum-NIDN. 0108046804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 27 Nov 2020 09:22
Last Modified: 27 Nov 2020 09:22
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/852

Actions (login required)

View Item View Item