MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SIFAT BAHAN DI KELAS V SD NEGERI 040452 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2019/2020

MANIHURUK, RAHEL, 1605030166 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SIFAT BAHAN DI KELAS V SD NEGERI 040452 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksaan metode pembelajaran demonstrasi, untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dengan metode demonstrasi, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Sifat Bahan di kelas V SD Negeri 040452 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2019/2020. Lokasi penelitian adalah SD Negeri 040452 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 040452 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Sifat Bahan dengan menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes pilihan berganda. Hasil penelitian pada siklus I untuk observasi aktivitas guru diperoleh sebesar 59,5% kriteria cukup dan hasil observasi guru siklus II diperoleh sebesar 76% kriteria baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh nilai sebesar 68 kriteria cukup dan hasil observasi siswa pada siklus II diperoleh nilai sebesar 88 kriteria baik. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I secara individu yaitu 20 orang siswa tuntas dan yang tidak tuntas sebanyak 10 orang siswa sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa secara individu pada siklus II yaitu 26 orang siswa yang tuntas dan yang tidak tuntas 4 orang siswa. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 66,7% dan untuk ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus 11 mencapai 86,7%. Nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 76,7 dan nilai rata-rata siswa pada siklus II mencapai 87,3. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran setelah menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Sifat Bahan di kelas V SD Negeri 040452 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2019/2020 meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, Demonstration methods, Science.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196412101992031002
Pembimbing IIRestio Sidebang, M.Pd-NIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 04 Dec 2020 08:05
Last Modified: 04 Dec 2020 08:05
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/853

Actions (login required)

View Item View Item