MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 094115 SARIBU JANDI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

MALONGO, NOVITA SARI, 1605030174 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 094115 SARIBU JANDI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (584kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (597kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (777kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (585kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 094115 Saribu Jandi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas empat yang berjumlah 20 orang. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaranNumbered Heads Together pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi alternatif dan penggunaannya. Tes yang digunakan adalah essay dan lembar observasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru dan siswa sudah berkategorikan baik. Hasil belajar siswa sudah tuntas baik secara individu maupun secara klasikal. Pada siklus I terdapat 11 siswa yang tuntas belajarnya sedangkan pada siklus II terdapat 17 siswa yang tuntas belajarnya dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together pada pokok bahasanenergi alternatif dan penggunaannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Learning Model Numbered Heads Together
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IProf. Dr. Erna Frida, M.Si-NIP. 196401231991022001
Pembimbing IIMuhammad Daliani, S.Pd., M.Si-NIDN. 0128088804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 05 Dec 2020 03:25
Last Modified: 05 Dec 2020 03:25
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/857

Actions (login required)

View Item View Item