MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 094115 SARIBU JANDI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TARIGAN, YANCE ADE PUTRI, 1605030163 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 094115 SARIBU JANDI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (482kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (489kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (611kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (713kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (480kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran Model Word Square. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 094115 Saribu Jandi Tahun Pelajaran 2019/2020, berjumlah 20 orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Untuk mengetahui data alat pengumpulan data yang digunakan berupa tes dalam bentuk isian pada pokok bahasan gaya dan pengaruhnya.Berdasarkan analisis di peroleh hasil aktivitas guru meningkat 18.9% dari 60% pada siklus I menjadi 78,9% pada siklus II, aktivitas siswa meningkat sebesar 18 dari nilai 68 pada siklus I menjadi nilai 89,7 pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa meningkat 11,4 dari nilai 78,3 pada siklus I menjadi 89,7 pada siklus II, dan ketuntasan hasil belajar siswa meningkat 20% dari 14 siswa (70%) pada siklus I menjadi 18 siswa (90%) pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis penelitian setelah menggunakan model Word Square diperoleh (1) pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, (2) ketuntasan hasil belajar siswa tuntas secara klasikal, dan (3) hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model Word Square pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 094115 Saribu Jandi Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, and Word Square Model.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Wajib Pandia, M.Si-NIP. 196212311991021001
Pembimbing IINilam Sari, S.Si., M.Pd-NIDN. 0107048503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 05 Dec 2020 04:22
Last Modified: 05 Dec 2020 04:25
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/858

Actions (login required)

View Item View Item