MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM QUIZ PADA MATA PELAJARAN IPA SUB TEMA WUJUD BENDA DAN PERUBAHANNYA DI KELAS IV SDN 045965 PECEREN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SEMBIRING, BEDZEYBA BR, 1605030272 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM QUIZ PADA MATA PELAJARAN IPA SUB TEMA WUJUD BENDA DAN PERUBAHANNYA DI KELAS IV SDN 045965 PECEREN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (576kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (592kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (724kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (818kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (599kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SDN 045965 Peceren Tahun Pelajaran 2019/2020. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengggunakan model team quiz sub tema wujud benda dan perubahannya pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 045965 Peceren Tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian pada siklus I untuk observasi guru memperoleh nilai 60,45% dan hasil observasi siswa 68. Ketuntasan hasil belajar siswa secara individu pada siklus I terdapat siswa yang tuntas belajar sebanyak 23 siswa dan siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 7 orang dari 30 siswa. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal siklus I 77% siswa yang tuntas dan 23% siswa yang tidak tuntas. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 70. Karena siklus I pelaksanaan pembelajaran masih berkategori cukup dan hasil belajar belum tuntas secara klasikal. Maka dilaksanakan perbaikan ke siklus II.Hasil penelitian pada siklus II untuk observasi guru memperoleh nilai 70,63% dan hasil observasi siswa 86. Ketuntasan hasil belajar siswa secara individu pada siklus I terdapat siswa yang tuntas belajar sebanyak 26 siswa dan siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 4 orang dari 30 siswa. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal siklus II 87% siswa yang tuntas dan 13% siswa yang tidak tuntas. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II 76. hasil belajar siswa sudah meningkat dan tuntas secara klasikal , oleh karena itu tidak perlu melakukan tindakan pada siklus selanjutnya. Dengan demikian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) telah meningkat dengan menggunaan model team quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sub tema wujud benda dan perubahannnya di Kelas IV SD Negeri 045965 Peceren Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, team quiz
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Eduard, M.Si-NIP. 196612231992031002
Pembimbing IIBijak Ginting, S.Sn., M.Hum-NIDN. 0108046804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 05 Dec 2020 04:45
Last Modified: 05 Dec 2020 04:45
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/859

Actions (login required)

View Item View Item