MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 040455 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SEMBIRING, SUPRI YANI BR,, 1605030083 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 040455 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntaan hasil belajar siswa secara individu dan klasikal, serta peningkatan hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 040455 Berastagi yang berjumlah 43 orang. Objek dalam peneletian ini adalah penerapan model Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA tema 6 subtema 1 pembelajaran 4 sumber energi. Alat yang digunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian siklus I diperoleh hasil observasi aktivitas guru 58,5% (Kriteria Cukup), hasil observasi aktivitas siswa 54 (Cukup). Hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I yaitu 26 siwa (60,47%), yang tidak tuntas 17 siswa (39,53%) dan rata-rata hasil belajar siswa siklus I yaitu 65,58. Hasil penelitian siklus II, hasil observasi aktifitas guru meningkat menjadi 79,5%(Baik), hasil observasi aktivitas siswa 74 (Baik). Hasil belajar siswa siklus II yang tuntas 38 siswa (88,38%), yang tidak tuntas 5 siswa (11,62%) dan rata-rata hasil belajar siswa siklus II yaitu 82,55. Presentasi peningkatan hasil belajar yaitu 25,87%. Berdasarkan hasil peneltian yang dilakukan peneliti dengan dua siklus, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas III SD Negeri 040455 Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Classroom Action Research, Learning Outcomes, Snowball Throwing Model.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Endalina Br Karo Sekali, M.Pd-NIP. 195812231987032001
Pembimbing IIRizki Bastanta B. Manalu, M.Pd-NIDN. 0119089201
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 08 Dec 2020 01:49
Last Modified: 08 Dec 2020 03:29
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/863

Actions (login required)

View Item View Item