MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS III SD NEGERI 046422 DOLAT RAYAT TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020

SURBAKTI, JANRISA BR,, 1605030119 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS III SD NEGERI 046422 DOLAT RAYAT TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuanb dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa secara individu, klasikal, serta nilai rata-rata siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 046422 Dolat Rayat yang berjumlah 22 orang. Objek dalam peneletian ini adalah penggunaan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa dipelajaran IPA pada tema 5 subtema 2 perubahan cuaca dan alat pengumpul data yaitu lembar observasi dan tes. Dari pelaksanaan penelitian siklus I diperoleh data yaitu: hasil observasi aktivitas guru sebesar 58,8% kategori cukup, hasil observasi aktivitas siswa yaitu 68 kategori cukup, jumlah siswa yang tuntas secara individual adalah 14 siswa dan yang tidak tuntas secara individual adalah 8 siswa, sedangkan siswa yang tuntas secara klasikal adalah 63,63% dan yang tidak tuntas secara klasikal adalah 36,37% dan nilai rata- rata nya 55.81. Sedangkan pada siklus II diperoleh data yaitu : hasil observasi aktivitas guru sebesar 80,4% kategori baik, hasil observasi aktivitas siswa yaitu 88 kategori baik, jumlah siswa yang tuntas secara individu ada 19 siswa dan yang tidak tuntas secara individu adalah 3 siswa, sedangkan siswa yang tuntas secara klasikal adalah 86,33% dan yang tidak tuntas secara klasikal adalah 13,64% dan nilai rata-rata nya adalah 83,4. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan dua siklus, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III SD Negeri 046422 Dolat Rayat Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Classroom Action Research, Learning Outcomes, contextual approach.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Endalina Br Karo Sekali, M.Pd-NIP. 195812231987032001
Pembimbing IIRizki Bastanta B. Manalu, M.Pd-NIDN. 0119089201
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 08 Dec 2020 02:13
Last Modified: 08 Dec 2020 03:29
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/864

Actions (login required)

View Item View Item